Jumat, 01 Mei 2020

Agar Tak Rugi, Ini Tips Beli Mobil Sistem Kredit

0

Kendaraan memang masuk sebagai salah satu kebutuhan pelengkap bagi masyarakat. Namun belakangan ini sifatnya sudah berubah tak lagi sebagai kebutuhan pelengkap, melainkan kebutuhan penting untuk menunjang aktivitas mereka menjadi lebih mudah.

Dengan adanya kendaraan kehidupan memang menjadi lebih cepat, ingin kemana pun kapanpun bisa dilakukan secara lebih mudah. Tanpa harus menunggu sarana transportasi umum. Namun juga tak bisa dipungkiri bahwa harganya terbilang mahal. Untuk itulah fasilitas pembayaran secara kredit ditawarkan. Namun sebelum memutuskan ambil kredit maka ada baiknya untuk melihat simulasi kredit mobil baru yang ada.

Simulasi sendiri merupakan contoh perhitungan ketika nantinya konsumen jadi untuk ambil kredit akan beban-beban apa sajakah yang akan dibayar juga berapa nilainya semuanya tertera disana. Tinggal dilihat terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk ambil atau tidak. Simulasi ini akan sangat membantu untuk melihat beban cicilan, biaya tambahan dan juga kemungkinan-kemungkinan lainnya. Bukti jika nantinya pihak pemberi kredit bermain curang.

Beli kendaraan sekarang ini bahkan tak hanya bisa dilakukan secara langsung, melainkan dengan menggunakan fasilitas pembelian online. Mungkin sudah tak begitu asing lagi, dimana situs jual beli online memang tak hanya menyediakan produk-produk kebutuhan sehari-hari dengan nilai rendah saja, melainkan juga yang nilainya tinggi seperti halnya kendaraan ini. Simulasi kredit mobil baru juga ada, namun dengan beberapa ketentuan ketika ingin membeli online dengan sistem kredit tersebut, diantaranya adalah keberadaan credit card atau kartu kredit.

Agar tak rugi ketika ambil kredit, maka hindari beberapa hal ini:

  1. Tidak memperhitungkan keuangan, kredit memang berguna untuk membantu meringankan pengeluaran Anda, namun harus diketahui bahwa sistem pembayaran seperti ini hanya cocok diterapkan bagi mereka yang memiliki keuangan lancar saja, artinya ada income secara teratur setiap bulannya dengan jumlah yang memadai. Sangat berbahaya jika sebelumnya Anda tak memperhitungkan hal yang satu ini.
  2. Salah memilih perusahaan leasing atau bank, hal lainnya yang menjadi pertimbangan penting dan jangan sampai salah adalah perusahaan yang nantinya akan membiayai kredit tersebut. Ketika perusahaan yang Anda pilih terpercaya maka kredit juga akan berlangsung aman, apalagi jika mereka menawarkan jumlah suku bunga yang terbilang bersahabat, tentunya beban tambahan yang akan dikeluarkan juga tak begitu tinggi. 
  3. Memilih tenor yang panjang, hendaknya patut untuk diketahui bahwa semakin panjang tenor yang Anda pilih dampaknya adalah pada suku bunga yang harus dibayarkan, karena nilainya akan jadi semakin tinggi. Meskipun di satu sisi dengan pemilihan tenor panjang juga akan meringankan biaya cicilan kendaraan tersebut. 
  4. Tak memperhatikan secara tepat berapa tanggal pembayaran yang dipilih tiap bulannya, hendaknya memilih tanggal pembayaran adalah di awal bulan, karena income masih full belum terpakai untuk kebutuhan yang lainnya. Ketika tidak melihat tanggal pembayaran secara tepat dampaknya juga berbahaya karena ada beban tanggungan yaitu denda ketika ingin membayar. 
  5. Kredit tanpa pakai asuransi, kenanya memang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan asuransi, namun jika terjadi sesuatu seperti kehilangan ataupun kecelakaan, maka tak ada biaya ganti rugi yang diberikan. Anda tetap harus melunasi cicilan kredit namun kendaraan sudah rusak atau hilang, sangat sayang bukan. 
Baik itu kendaraan yang masih baru maupun bekas, hendaknya hindari 5 hal tersebut ketika akan membelinya menggunakan sistem kredit. Pastikan juga untuk mengecek simulasi kredit mobil baru yang akan diambil tersebut sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar